Kamis, 25 Agustus 2016

LK-6b.1. Kajian Modul Moda Tatap Muka Kompetensi Pedagogik


Tujuan Kegiatan:
Mengkaji modul modatatap muka kompetensi pedagogik 
Langkah Kegiatan:
1.    Siapkan modul Moda Tatap Mukakompetensi pedagogik!
2.    Kajilah seluruh ini modul mulai dari Bagian Pendahuluan, Kegiatan Pembelajaran sampai dengan bagian Evaluasi melalui kegiatan diskusi terpumpun!
3.    Isilah format kajian dengan uraian setiap komponen modul pada kolom yang tersedia
4.    Buatlah rangkuman isi modul dalam bentuk bagan atau mindmap!  Catat   hal-hal penting yang menjadi masalah pada modul dan bagaimana pemecahan masalahnya! 
5.    Presentasikan hasil diskusi
6.    Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan dari kelompok lain!

Format Kajian Modul

Mata Pelajaran/Paket Keahlian: kelas tinggi
Kelompok Kompetensi: F
Judul Modul: komunikasi efektif
Kegiatan Pembelajaran: ......................................................................


Tujuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi/ SubMateri
Aktivitas Pembelajaran
Latihan/ Tugas
Evaluasi
KP 1:
1.  Menjelaskan berbagai komunikasi yang efektif bagi peserta didik sekolah dasar
kelas tinggi dengan benar.
2.  Mengidentifikasi    berbagai  strategi  berkomunikasi  yang  efektif,  empatik  dan
santun, baik secara lisan maupun tulisan bagi peserta didik sekolah dasar kelas 
tinggi dengan tepat.
1.  Menjelaskan berbagai komunikasi yang efektif bagi peserta didik sekolah dasar
kelas tinggi.
2.  Mengidentifikasi    berbagai  strategi  berkomunikasi  yang  efektif,  empatik  dan
santun, baik secara lisan maupun tulisan bagi peserta didik sekolah dasar kelas
tinggi.
Jenis-jenis komunikasi dalam pembelajaran sekolah dasar
1.     Pahami tujuan dan
indikator pembelajaran

2.     Baca dan pahami uraian
materi
Jenis-jenis komunikasi
dalam pembelajaran SD
kelas tinggi

3.     Peserta diklat berdiskusi
terkait dengan  materi
yang dipelajari kemudian
mempresentasikan hasil
diskusi

4.     Berlatih memecahkan
soal/kasus/latihan







Jelaskan yang dimaksud dengan pernyataan, “pembelajaran akan berjalan dengan
efektif bila adanya komunikasi yang baik.
KP 2:
1.  Menentukan strategi komunikasi yang efektif, empatik,  dan santun, baik secara
lisan maupun  tulisan  bagi  peserta  didik  sekolah  dasar  kelas  awal  dan  tinggi
dengan benar.
2.  Memilih  strategi  komunikasi  yang  efektif,  empatik,    dan  santun,  baik  secara
lisan maupun  tulisan  bagi  peserta  didik  sekolah  dasar  kelas  awal  dan  tinggi
dengan tepat.
1.  Menentukan strategi komunikasi yang efektif, empatik,  dan santun, baik secara
lisan maupun tulisan bagi peserta didik sekolah dasar kelas awal dan tinggi.
2.  Memilih  strategi  komunikasi  yang  efektif,  empatik,    dan  santun,  baik  secara
lisan maupun tulisan bagi peserta didik sekolah dasar kelas awal dan tinggi.
MEMILIH STRATEGI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR
1.     Pahami tujuan dan
indikator pembelajaran
2.     Baca dan pahami uraian
pembelajaran Memilih
Strategi Komunikasi yang
Efektif dalam
      Pembelajaran di     SD
3.     Peserta diklat berdiskusi
terkait dengan  materi
yang dipelajari kemudian  mempresentasikannya
4.     Berlatih memecahkan
soal/kasus/latihan

Jelaskan  yang  dimaksud  dengan  pernyataan,  “dalam  kegiatan  pembelajaran
terjadi  proses  komunikasi  untuk menyampaikan  pesan  dari  pendidik  kepada
peserta didik.”
KP 3:
1.  Mengidentifikasi  kondisi  psikologis    dalam  interaksi  pembelajaran  dengan
bahasa  yang  khas  secara  efektif,  empati,  dan  santun  di  kelas  tinggi  dengan
benar.
2.  Mengidentifikasi  pertanyaan  dan  pendapat  peserta  didik  dalam  proses
komunikasi di sekolah dasar dengan benar.
3.  Menerapkan  bentuk  pertanyaan  atau  tugas  dalam  interaksi  pembelajaran
dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun dengan tepat.
4.  Menerapkan respon untuk pendapat atau pertanyaan yang muncul dari peserta
didik  dalam  interaksi  pembelajaran  dengan  bahasa  yang  khas  secara  efektif,
empati, dan santun dengan tepat.
5.  Memberikan  tanggapan  terhadap  respon  dari  peserta  didik    dalam  interaksi
pembelajaran  dengan  bahasa  yang  khas  secara  efektif,  empati,  dan  santun
dengan jelas.
1.  Mengidentifikasi  kondisi  psikologis    dalam  interaksi  pembelajaran  dengan
bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun di kelas tinggi.
2.  Mengidentifikasi  pertanyaan  dan  pendapat  peserta  didik  dalam  proses
komunikasi di sekolah dasar.
3.  Menerapkan  berbagai  contoh  bentuk  pertanyaan  atau  tugas  dalam  interaksi
pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun.
4.  Melakukan  respon    terhadap  pendapat  atau  pertanyaan  yang  muncul  dari
peserta  didik  dalam  interaksi  pembelajaran  dengan  bahasa  yang  khas  secara
efektif, empati, dan santun.
5.  Memberikan  tanggapan  terhadap  respon  dari  peserta  didik    dalam  interaksi
pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun
PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR
1.     Pahami tujuan dan
indikator pembelajaran
2.     Baca dan pahami uraian
pembelajaran
Penerapan Strategi
Komunikasi yang Efektif
dalam Pembelajaran SD
3.     Peserta diklat berdiskus
sesuai dengan isi mater
kemudian presentasi
4.     Berlatih mengerjakan
soal/atihan

Dalam komunikasi yang efektif dalam pembelajaran, salah satu yang perlu kita
perhatikan  adalah  “Respect”.  Jelaskan  yang  dimaksud  dengan  “Respect”  dalam
berkomunikasi!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar