LK-6b.1.
Kajian Modul Moda Tatap Muka Kompetensi Pedagogik
Tujuan Kegiatan:
Mengkaji modul modatatap muka kompetensi pedagogik
Langkah Kegiatan:
1.
Siapkan
modul Moda Tatap Mukakompetensi pedagogik!
2.
Kajilah seluruh ini modul mulai dari Bagian Pendahuluan,
Kegiatan Pembelajaran sampai dengan bagian Evaluasi melalui kegiatan diskusi
terpumpun!
3.
Isilah format kajian dengan uraian setiap komponen
modul pada kolom yang tersedia
4.
Buatlah rangkuman isi modul dalam bentuk bagan atau
mindmap! Catat hal-hal penting yang menjadi masalah pada
modul dan bagaimana pemecahan masalahnya!
5.
Presentasikan hasil diskusi
6.
Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan
dari kelompok lain!
Format
Kajian Modul
Mata Pelajaran/Paket Keahlian: kelas tinggi
Kelompok Kompetensi: E
Judul Modul: penilaian
proses dan hasil belajar
Kegiatan Pembelajaran:
......................................................................
Tujuan
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi/ SubMateri
|
Aktivitas Pembelajaran
|
Latihan/ Tugas
|
Evaluasi
|
KEG: 1
Setelah mempelajari modul dan mengerjakan latihan,
peserta mampu
memahami konsep penilaian pembelajaran.
|
1. Membedakan pengertian pengukuran,
penilaian, dan evaluasi.
2. Menjelaskan lingkup penilaian dalam
pembelajaran.
3. Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian dalam
pembelajaran.
4. Menjelaskan karakteristik dan teknik
penilaian.
5. Membedakan tes dan non tes.
|
Konsep
Penilaian
Pembelajaran
|
· 1. Bacalah materi pembelajaran di atas dengan
seksama.
2. Bacalah
buku panduan penilaian
untuk Sekolah Dasar
tahun 2015 untuk
menambah pemahaman
tentang konsep penilaian
pembelajaran untuk
peserta
didik tingkat Sekolah Dasar.
3. Kerjakan
latihan/tugas berikut untuk menguji pemahaman Anda mengenai
konsep
penilaian pembelajaran di Sekolah Dasar.
|
Mengisi
soal kuis
|
1. Sebutkan
prinsip penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013!
2. Apakah yang
menjadi karakteristik penilaian dalam Kurikulum 2013?
|
KEG: 2
Setelah
mempelajari modul dan mengerjakan latihan, peserta memahami
prosedur
penilaian proses dan hasil belajar.
|
1. Memahami prosedur penilaian sikap.
2. Memahami prosedur penilaian pengetahuan.
3. Memahami prosedur penilaian keterampilan
|
Prosudur
dan teknik penilaian
|
1. Bacalah materi pembelajaran di atas dengan
seksama.
2. Bacalah
buku panduan penilaian
untuk Sekolah Dasar
tahun 2015 untuk
menambah
pemahaman tentang prosedur penilaian proses dan hasil belajar
peserta
didik tingkat Sekolah Dasar.
3. Kerjakan
latihan/tugas berikut untuk menguji pemahaman Anda mengenai
prosedur
penilaian proses dan hasil belajar peserta didik
|
Mengisi soal evaluasi
|
1.
Jelaskan prosedur penilaian
keterampilan yang harus
Anda perhatikan
ketika Anda
akan melakukan penilaian
hasil belajar peserta
didik Anda
pada kompetensi keterampilan!
2.
Anda hendak mengembangkan sikap
peduli pada kegiatan
pembelajaran
yang Anda
lakukan di kelas
Anda untuk tema
‘Diriku’. Buatlah indikator
untuk sikap peduli yang akan Anda
nilai pada peserta didik Anda.
|
KEG: 3
Setelah mempelajari
modul dan mengerjakan
latihan, peserta mampu
menyusun
dan mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran
|
1. Membuat pemetaan kompetensi dasar dan
indikator penilaian;
2. Menyusun kisi-kisi penilaian pembelajaran;
3. Menyusun instrumen penilaian sikap;
4. Menyusun instrumen penilaian pengetahuan;
5. Menyusun instrumen penilaian keterampilan
|
Pengembangan
Instrumen
Penilaian
Pembelajaran
|
1. Bacalah kegiatan
pembelajaran di atas!
2. Bukalah buku
guru dan buku
siswa untuk memperkaya
contoh-contoh nstrumen penilaian di kelas!
3. Kerjakan latihan
berikut untuk memahami
penyusunan instrumen penilaian!
|
Membuat soal
|
Buatlah soal berdasarkan indikator
berikut ini!
|
KEG:4
Setelah
mempelajari modul dan mengerjakan latihan,
peserta mampu melakukan
analisis
instrumen penilaian pembelajaran.
|
1. menganalisis instrumen penilaian sikap;
2. menganalisis instrumen penilaian
pengetahuan;
3. menganalisis instrumen penilaian
keterampilan.
|
Analisis
Instrumen
Penilaian
Pembelajaran
|
Selain mempelajari tentang
analisis instrumen penilaian
pada modul ini, lakukan kajian
referensi tentang hal
serupa dari bahan
bacaan lain. Biasakan melakukan
analisis instrumen penilaian pada setiap soal yang sudah Anda buat.
Buatlah analisis pada
butir soal untuk
mengetahui apakan soal
yang sudah dibuat layak
untuk digunakan atau
tidak.
|
Menganalisis soal
|
Lakukan analisis soal berikut
berdasarkan format penelaahan soal pilihan ganda
|
Rangkuman:
Catatan hal-hal penting yang menjadi
masalah :
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
.........................................................................................................................
Pemecahan
Masalah :
R-6b.1 Rubrik Hasil Kajian Modul Moda Tatap
Muka Kompetensi Pedagogik
Rubrik ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil
kerja pengkajian modul moda
tatap muka kompetensi pedagogik
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.
Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan
pada LK-6b.1!
2.
Berikan nilai pada hasil kajian berdasarkan penilaian
Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria
Penilaian:
1.
Menuliskan
identitas: Mata pelajaran/Paket
Keahlian, Kelompok Kompetensi, Judul Modul dan
Kegiatan Pembelajaran lengkap
dan benar
2.
Menuliskan
tujuan sesuai dengan yang tertera pada modul
3.
Menuliskan
indikator sesuai dengan yang tertera pada modul
4.
Mengidentifikasi
materi/sub materi pada modul tepat
5.
Mendeskripsikan
aktivitas pembelajaran pada modul dengan tepat
6.
Mendeskripsikan
latihan pada modul dengan tepat
7.
Mendeskripsikan
evaluasi pada modul dengan tepat
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai£100
|
Tujuh aspek sesuai dengan kriteria
|
80< nilai£90
|
Enam aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang
sesuai
|
70< nilai£80
|
Lima aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang
sesuai
|
60< nilai£70
|
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
<60
|
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar